468x60 Ads

pendidikan di indonesia


PENDIDIKAN DI INDONESIA


Perkembangan dunia pendidikan dan pengajran pada masa Jepang menurun apabila di bandingkan pada zaman penjajahan Belanda.Jumlah sekolah dasar hanya 13.500 ,padahal pada zaman pendidikan Belanda adalah 21.500 .sekolah lanjutan  hanya 20 padahal sebelumnya 850. adapun angka buta huruf tinggi sekali. Sekolah umumnya terdiri atas sekolah  Rakyat 6 thn ,sekolah menengah pertama 3 thn dan sekolah menengah tinggi 3 thn.  Sekolah guru terdiri atas guru 2 thn, Skolah guru 4 thn ,dan sekolah guru 6 thn. Pada awalnya pendudukan Jepang smua perguruan tinggi di tutup. Baru pada tahun 1943 ,beberapa perguruan tinggi di buka kembali, seperti perguruan tinggi kedokteran (Ika Daigaku ) di jakarta dan perguruan tinggi teknik (Kogyo Daigaku ) di Bandung.
          Pada masa pendudukan Jepang sekolah terbuka bagi semua golongan penduduk .Semua siswa mendapat kesempatan yang sama. Ada pun sistem pengajaran dan kurikulumnya di tujukan untuk keperluan perang Asia Timur Raya.
          Para pelajar di haruskan menghormati adat kebiasaan Jepang. Semua siswa di haruskan melakukan kerja bakti, seperti mengumpulkan bahan” untuk keperluan perang ,menanam bahan” makanan ,membersihkan asrama & memperbaiki jalan – jalan. Selain itu ,diadakn juga latihan jasmani dan kemiliteran. Sekolah – sekolah menjadi tempat indoktrinasi jepang.  

0 komentar:

Posting Komentar